hit counter

Riset Terapan atau Riset Murni?

Penelitian atau riset dapat didefinisikan sebagai penyelidikan yang ilmiah dan metodis dalam rangka memberikan informasi untuk memecahkan masalah. Inti dari riset adalah pemecahan masalah.

Ada dua jenis riset, riset terapan dan riset murni (juga dikenal sebagai riset dasar). Dalam riset terapan, peneliti berupaya untuk memecahkan masalah yang dikenal dan mencari jawaban atas pertanyaan spesifik. Dengan kata lain, penekanan penelitian yang digunakan adalah pada pemecahan masalah praktis. Misalnya, ketika sebuah perusahaan pendaur ulang kertas ingin mengetahui apakah kertas yang mereka produksi telah memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan untuk keseragaman ketebalan dari rol kertas, mereka mungkin merancang suatu prosedur yang sistematis untuk menjawab pertanyaan spesifik tersebut. Penelitian terapan dapat membantu membuat keputusan tentang hal-hal berikut:
• Penetapan harga produk baru
• Di mana lokasi terbaik untuk toko ritel baru
• Berapa banyak karyawan harus direkrut
• Berapa banyak produk yang ditawarkan
• Berapa gaji karyawan yang layak

Penelitian terapan dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pasar, pesaing, dan pelanggan. Misalnya, penelitian dapat membantu menentukan lokasi bisnis yang optimal dan ukuran pasar serta memantau tindakan pesaing, mengukur loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan, dan preferensi pelanggan.

Di sisi lain, riset murni atau dasar tidak mencoba untuk menjawab pertanyaan spesifik atau memecahkan masalah tertentu. Penelitian dilakukan dalam rangka memperluas pengetahuan dan menyelidiki hal-hal yang belum diketahui. Sebagai contoh, penelitian untuk menentukan bagaimana demografi karyawan dan rasa kepemilikan atas pekerjaan berhubungan dengan preferensi untuk perkerjaan dengan jadwal yang fleksibel adalah contoh penelitian murni. Riset yang paling dasar dilakukan oleh profesor di lembaga-lembaga akademik (yaitu perguruan tinggi dan universitas), oleh pemerintah, atau perusahaan konsultasi. Beberapa organisasi bisnis juga terlibat dalam penelitian murni yang berkaitan dengan masalah bisnis.