hit counter

Plus Minus Merekrut Karyawan dari Dalam

Merekrut karyawan dari internal yang memiliki kecakapan dan perilaku memenuhi persyaratan perlu didahulukan ketimbang mencari dari luar. Meskipun banyak perusahaan yang mengabaikan perekrutan internal, sangat penting untuk tidak mengabaikan strategi ini. Perekrutan internal memberikan keuntungan sbb:

  • Biaya: karena berfokus pada kandidat karyawan yang sudah ada, proses pengumuman, seleksi dan penempatan lebih cepat dan tidak perlu banyak usaha.
  • Motivasi: potensi promosi atau mutasi kerja memberikan pesan yang jelas kepada karyawan bahwa organisasi memberikan kesempatan untuk kemajuan.
  • Familiaritas: karyawan familar dengan kebijakan, prosedur, dan kebiasaan organisasi. Hal itu membuat karyawan lebih efektif dalam menjalankan tugasnya.

Sumber internal dapat meliputi karyawan tetap, karyawan sementara (alih daya), mantan atau pensiunan karyawan , dan anak-anak karyawan atau pensiunan/mantan karyawan.

Namun demikian, rekrutmen internal juga memiliki kelemahan yang perlu Anda pertimbangkan, diantaranya:

  • Inbreeding: salah satu kelemahan dari perekrutan internal yang terlalu berlebihan adalah mengurangi kemungkinan inovasi dan perspektif baru. Kurangnya karyawan baru dari luar menyebabkan kurangnya ide-ide dan pendekatan baru.
  • Pelatihan tambahan: merekrut internal menuntut tingkat pelatihan karyawan yang lebih tinggi. Agar karyawan yang direkrut secara internal memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan saat ini, perusahaan harus menyediakan program pelatihan yang lebih banyak.