hit counter

Bagaimana Menjelaskan Produk/Jasa Anda dalam Rencana Bisnis

Penjelasan mengenai produk/jasa Anda dalam rencana bisnis harus dilakukan dengan bahasa yang umum, hindari jargon-jargon teknis yang mungkin sangat akrab bagi mereka yang berada dalam industri Anda namun tidak dipahami oleh umum. Jelaskan setiap ceruk yang Anda garap. Bahas keunggulan kompetitif Anda: mengapa orang akan lebih memilih produk Anda dibandingkan produk pesaing, manfaat dari produk / jasa Anda, dan bagaimana Anda akan mempertahankan keunggulan Anda.

  • Lini produk: rincian fitur dan manfaat dari produk / jasa Anda. Ingat, fitur adalah karakteristik dari suatu produk atau jasa yang secara otomatis melekat dengannya, sedangkan manfaat adalah hasil yang pelanggan Anda nikmati atau apa yang dia dapatkan darinya. Misalnya, sebuah perusahaan telepon dapat menawarkan fitur pengalihan otomatis panggilan bila jalur yang ada sibuk.Manfaatnya adalah pelanggan  tidak kehilangan potensi penjualan.
  • Tawaran (offering): jelaskan bagaimana Anda memperoleh, memproduksi atau mengembangkan tawaran Anda. Apakah Anda memproduksi semua produk Anda atau apakah Anda membeli sebagian dari pemasok lain? Apakah layanan Anda disediakan secara internal atau dialihdayakan (outsource) ke pihak lain? Jika bisnis Anda adalah manufaktur atau ritel, lampirkan daftar pemasok Anda, rata-rata biaya persediaan, dan waktu pengiriman.
  • Fitur unik: jelaskan keunggulan kompetitif Anda. Apa yang membuat produk / jasa Anda lebih baik, lebih cepat, lebih tahan lama, dll? Sertakan fitur khas yang dimiliki. Apakah Anda memiliki hak paten, hak cipta, merek dagang? Sertakan bukti tersebut dalam lampiran Anda. Juga, jelaskan bagaimana Anda akan mempertahankan keunggulan kompetitif Anda.