hit counter

Bagaimana Menjelaskan Lingkup, Tujuan, dan Sasaran Bisnis Anda

Dalam rencana bisnis, Anda perlu menyampaikan sebuah gambaran yang menyeluruh mengenai bisnis Anda beserta tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran kunci yang ingin diraih.

Berikut adalah hal yang perlu dicakup dalam penjelasan tersebut:

  • Jelaskan bisnis Anda secara spesifik. Misalnya, jika Anda membangun rumah, jelaskan apakah Anda membangun rumah perorangan sebagai kontraktor rumah atau membangun kompleks perumahan sebagai pengembang (developer). Apakah Anda membangun rumah hunian atau juga rumah komersial (ruko/rukan) dan bangunan komersial lain (pabrik, gudang, dll). Apakah Anda juga memberikan layanan renovasi, desain interior/eksterior, landscaping, dll. Jawaban yang berbeda untuk pertanyaan-pertanyaan di atas dapat berarti bisnis yang berbeda sama sekali. Ketika Anda sudah memutuskan jenis bisnis yang Anda lakukan, ketahui jenis-jenis produk dan jasa pendukung yang Anda butuhkan, pasar yang ditargetkan dan pesaing yang Anda hadapi.
  • Jelaskan sejarah bisnis Anda, kondisi bisnis saat ini, tren industri, dan apa yang membuat Anda unik. Untuk membantu Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:
    • Kapan dan mengapa perusahaan Anda dibentuk?
    • Apa sifat dari produk / layanan yang Anda berikan?
    • Keberhasilan Apa yang telah Anda raih selama bertahun-tahun?
    • Apa keunggulan kompetitif Anda?

Berikut adalah sebuah contoh dari suatu uraian bisnis:

PT ABC Kontraktor didirikan pada tahun 2008 untuk menyediakan layanan pembangunan rumah baru di pasar menengah-atas di Jakarta dan sekitarnya, yang pasarnya meningkat seiring pertumbuhan ekonomi dalam sepuluh tahun terakhir. Segmen pasar ini adalah mereka yang ingin memiliki rumah custom build dengan rancangan arsitek dengan luas tanah rata-rata 300-800 m2. Pasar ini belum tergarap dengan baik oleh para pelaku pasar saat ini, yang terdiri dari biro arsitek yang merangkap kontraktor dan juga kontraktor independen yang umumnya dikelola dengan manajemen keluarga. PT ABC Kontraktor telah mengalami tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 30% selama lima tahun terakhir dengan mempertahankan daya saingnya melalui keunggulan layanan pelanggan, sistem rantai pasok yang inovatif, dan metode pengendalian biaya yang kuat. Perusahaan saat ini memiliki kapasitas untuk mengerjakan 3-5 proyek rumah secara bersamaan.

  • Jelaskan tujuan dan sasaran Anda untuk jangka pendek dan panjang.
  • Bagaimana pencapaian perusahaan pada akhir tahun ini, dalam tiga tahun, dalam lima tahun?
  • Apa visi Anda untuk masa depan