hit counter

Bagaimana Membuat Ringkasan Rencana Bisnis

Ringkasan rencana bisnis, seringkali juga disebut ringkasan eksekutif (executive summary) adalah bagian pertama dari rencana bisnis. Bagian ini memberikan ulasan singkat satu atau dua halaman mengenai isi rencana bisnis.

Ringkasan rencana bisnis akan memberikan kesan pertama apakah bisnis Anda layak dipertimbangkan. Karena rencana bisnis setiap perusahaan unik maka pendekatan yang digunakan dan
struktur rencana bisnis bervariasi. Namun terlepas dari bentuknya, beberapa informasi berikut harus tercakup dalam ringkasan rencana bisnis Anda:

  1. Kop surat: sertakan nama perusahaan, alamat perusahaan, dan nomor telepon.
  2. Keterangan bisnis: jelaskan secara singkat bisnis Anda. Sebagai contoh, bisnis Anda adalah pengembangan aplikasi komputer atau kontraktor rumah. Jika perusahaan Anda sudah ada, jelaskan sejarah dan keberhasilan/prestasi perusahaan Anda yang mungkin relevan, tujuan dan sasaran utama jangka pendek dan jangka panjang dengan strategi dan taktik yang akan memungkinkan Anda untuk mencapainya.
  3. Tujuan rencana bisnis: jelaskan tujuan rencana bisnis Anda, apakah Anda mencari pembiayaan dari pemberi pinjaman dan investor atau Anda untuk merekrut manajer potensial untuk bisnis Anda? Atau pengembangan produk / jasa? Jelaskan produk / jasa Anda sehingga seseorang yang cukup akrab dengan teknologi atau industri Anda dapat menentukan kelayakannya. Diskusikan tingkat penemuan atau pengembangan yang diperlukan untuk keberhasilan komersialisasi produk / jasa Anda. Uraikan rekam jejak personil kunci yang memiliki pengalaman relevan dalam pengembangan produk/jasa sejenis. Jelaskan mengapa produk / jasa Anda akan lebih baik dari yang ada. Jangan lupa untuk menyertakan aspek keunggulan kompetitif yang berkelanjutan yang mungkin Anda miliki. Sebagai contoh, apakah Anda sudah memiliki paten? Apakah lokasi Anda membatasi masuknya pesaing baru?
  4. Faktor kritis: Jelaskan lima atau enam faktor penting yang akan menentukan kesuksesan Anda (critical success factors). Juga, diskusikan area risiko utama (key risk areas) Anda. Apa yang akan terjadi jika risiko tersebut timbul, dan apa yang akan Anda lakukan untuk mencegahnya? Misalnya, jika bisnis Anda adalah pengembangan aplikasi komputer, risikonya mungkin adalah ketersediaan personil kunci pemrograman, teknologi baru pemrograman, dan aliansi strategis dengan konsultan TI terkemuka.
  5. Pelanggan: daftar pelanggan utama saat ini dan / atau potensi pasar Anda. Anda menyampaikan secara singkat hasil analisis pasar Anda di sini.
  6. Gambaran keuangan: jelaskan proyeksi keuangan Anda berserta rinciannya. Sertakan asumsi yang relevan seperti pangsa pasar, potensi pasar, penetrasi pasar, dll. Tunjukkan pembiayaan yang Anda inginkan dan bagaimana dana akan dialokasikan. Tampilkan kapan dan bagaimana dana tersebut akan dibayar kembali.