hit counter

5 Tips Memilih Bank Bagi UKM

Bila Anda adalah seorang wirausaha UKM, memilih bank yang tepat sebagai mitra Anda dapat menjadi salah satu penentu keberhasilan usaha Anda. Berikut adalah 5 tips yang bisa Anda pertimbangkan ketika memilih bank:

1. Bank ritel vs bank komersial?

Bank-bank secara umum dapat dibagi dua jenis: bank komersial dan bank ritel. Perbankan ritel biasanya berfokus pada rekening pribadi. Banking komersial berfokus melayani nasabah korporasi. Selanjutnya, bank komersial tersegmentasi menjadi tiga bagian: usaha kecil,
usaha menengah dan usaha besar. Kadang-kadang, bank-bank besar memiliki unit atau divisi yang melayani kredit usaha kecil dan perbankan ritel. Temukanlah bank atau unit bank mana yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. CIMB Niaga dan Danamon, misalnya, punya divisi khusus untuk melayani UKM.

2. Ketahui apakah bank berpesialisasi pada industri Anda.

Berhubungan dengan bank yang memahami karakteristik industri Anda akan lebih mudah dan bahkan membantu Anda memberikan nasihat untuk membangun bisnis.

Setiap industri memiliki karakteristik tertentu yang tidak dipahami umum. Ketika bankir tidak mengerti cara kerja sebuah industri, mereka tidak mengerti bagaimana kredit mereka akan dilunasi. Dan ketika bankir tidak mengerti bagaimana kredit mereka akan dilunasi, mereka akan menolak permintaan pinjaman.

3. Pastikan bahwa bank itu cukup kecil.

Bank yang kecil atau unit bank yang kecil akan lebih fleksibel dan personal dalam melayani Anda. Anda bukanlah sekedar angka yang merupakan satu dari sekian banyak angka lain. Lebih parah lagi, karena Anda adalah nasabah “kecil”, Anda tidak terlalu dilayani dibandingkan nasabah-nasabah yang lebih besar.

4. Pastikan bahwa bank itu cukup besar untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Setiap bank memiliki batas maksimum pemberian kredit didasarkan pada modalnya. Jika bank Anda terlalu kecil, Anda mungkin tidak bisa mendapatkan kredit sebesar yang diperlukan.

5. Pilih bank yang mengelola rekening giro/tabungan Anda

Bila Anda telah lama berhubungan dengan bank yang menyimpan uang Anda atau memberikan layanan giro Anda, tidak ada salahnya menjajaginya sebagai mitra pembiayaan Anda. Fasilitas seperti overdraft dll dapat Anda peroleh lebih mudah bila catatan transaksi Anda bagus di sana.