hit counter

5 Tahap Inovasi yang Perlu Dikelola

Inovasi harus dilihat sebagai suatu proses yang terjadi dalam sebuah organisasi, bukan peristiwa tunggal. Sebagai suatu proses, tentu saja inovasi dapat dikelola. Proses inovasi dapat dibagi menjadi lima tahap. Pada masing-masing tahap budaya organisasi harus dirancang untuk mendukungnya:

  1. Pembentukan ide. Tahap ini memerlukan dukungan budaya organisasi. Jika organisasi tidak mendukung maka ide dan para penggagasnya akan surut dan tidak akan berkembang. Budaya organisasi yang mendukung memungkinkan anggotanya untuk bereksperimen dan mendapatkan kegagalan. Dengan kata lain, tidak setiap ide akan menjadi komersial, tapi kesalahan harus menjadi  bahan pembelajaran yang perlu dihargai.
  2. Penyaringan awal. Proses penyaringan dapat dibuat lebih mudah dengan menetapkan fasilitator dari luar organisasi yang dapat membantu mengawal ide awal melalui sistem organisasi, serta bertindak sebagai pendukung ide. Pada tahap ini ide dievaluasi dan mungkin direvisi sebelum dikirim ke kelompok peninjau untuk pengembangan lebih lanjut.
  3. Peninjauan. Pada tahap ini, ide harus telah cukup dikembangkan untuk dipresentasikan kepada kelompok dalam organisasi yang akan membuat keputusan tentang pendanaan pengembangan lebih lanjut.
  4. Pencarian sponsor. Di kebanyakan organisasi, sebuah ide membutuhkan sponsor untuk terus bergerak maju. Sponsor itu harus yakin dengan manfaat ide untuk organisasi. Sponsor yang efektif seringkali adalah manajer yang tahu bagaimana untuk bermanuver dalam struktur perusahaan untuk mendapatkan dukungan dan sumber daya. Selain itu, mereka efektif dalam menyusun tim lintas fungsional untuk membantu mengembangkan semua aspek dari ide baru.
  5. Dukungan sponsor dan komersialisasi. Sponsor memajukan proyek ke depan melalui tahap akhir persetujuan perusahaan untuk komersialisasi. Perusahaan biasanya menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi dengan pelanggan pada tahap ini. Masukan pelanggan dapat membantu menetapkan desain akhir. Memanfaatkan masukan pelanggan juga membantu perusahaan menfokuskan kreativitasnya pada produk dan perbaikan yang akan paling memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Peter Drucker mengatakan bahwa inovasi adalah pekerjaan. Organisasi yang sukses telah menginternalisasi inovasi sebagai tujuan strategisnya. Di era informasi ini, inovasi dan kemampuan untuk mengelolanya menjadi unsur penting untuk kesuksesan strategi perusahaan.