hit counter

3 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Rencana Bisnis

Ketika mempelajari dan mengevaluasi rencana bisnis, investor dan bank akan memerhatikan 3 hal berikut, yang merupakan poin-poin penting:

  1. Permintaan terhadap produk atau jasa Anda. Apakah ada permintaan yang cukup untuk produk atau jasa Anda? Anda harus memberikan bukti bahwa ada basis pelanggan untuk produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan. Jika produk/jasanya sudah ada saat ini, berikan data potensi pasar, pangsa pasar, sejarah penjualan dan proyeksi penjualan untuk produk / jasa Anda. Jika produk/jasa Anda masih berupa konsep, Anda perlu melakukan beberapa riset pasar dan menyajikan hasil survei, kelompok fokus, atau tes pasar.
  2. Keunggulan kompetitif. Apakah Anda memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan? Produk atau proses pembuatan produk Anda mungkin cukup unik untuk dipatenkan sehingga menyediakan perlindungan dari peniruan selama masa paten. Mungkin lokasi Anda terlindungi dari persaingan. Atau mungkin Anda memiliki keunggulan sedemikian rupa yang membuat Anda menjadi pemimpin biaya (cost leader).
  3. Realistis atau tidaknya proyeksi. Walaupun investor dan pemberi pinjaman senang dengan bisnis yang memiliki potensi pertumbuhan, mereka juga skeptis bila proyeksi Anda tampak terlalu muluk. Anda mungkin akan mereka nilai terlalu optimis, naif, atau bahkan, menipu. Pastikan Anda memilki data pendukung untuk meyakinkan bahwa proyeksi Anda dapat diandalkan.