hit counter

Organisasi Pembelajar

Organisasi pembelajar (learning organization) adalah:

  • Organisasi yang mendorong evolusi sendiri untuk beradaptasi dengan ekosistemnya. Organisasi belajar tidak menunggu lingkungan pasar untuk akhirnya memaksa mereka beradaptasi (Peters dan Waterman, 1982)
  • Organisasi di mana orang-orangnya terus memperluas kapasitas mereka untuk menciptakan hasil yang mereka benar-benar diinginkan, di mana pola berpikir baru dan luas¬†dipelihara, di mana aspirasi kolektif dibebaskan, dan di mana orang-orang terus-menerus belajar untuk sama-sama melihat gambaran menyeluruh (Peter Senge 1990). Singkatnya,¬†organisasi yang dibangun untuk terus beradaptasi dan belajar untuk berkembang, menanggapi perubahan dalam lingkungannya, dan bertumbuh.

Organisasi pembelajar adalah model yang harus diadopsi agar organisasi dapat bertahan hidup dan berkembang dalam ekonomi yang dinamis. Peter Senge (1990) menyebut bahwa organisasi ini dibangun di atas kombinasi lima disiplin: membangun visi bersama, model mental, pembelajaran tim, penguasaan pribadi, dan berpikir sistem (system thinking).